Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bootloop dan Cara Mengatasinya

Bootloop dan Cara Mengatasinya

Bootloop? Apa itu Bootloop? Bootloop adalah suatu masalah pada piranti lunak Android yang dirupai dengan tanda-tanda berupa kegagalan untuk masuk ke dalam sistem.

Cirinya adalah perangkat hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang-ulang k tanpa bisa masuk ke dalam sistem android tersebut.

Faktor Penyebab Terjadinya Bootloop


Nah, penyebab terjadinya masalah bootloop ini dapat dikarenakan oleh berbagai kasus, seperti oleh kesalahan dari pihak vendor smartphone, atau juga karena suatu kesalahan penggunanya sendiri.

Tetapi, kebanyakan hal ini disebabkan oleh usernya sendiri seperti contohnya mereka tidak terlalu berhati-hati dalam mengutak-atik sistem pada androidnya.

Lalu bisa juga karena mereka memasang custom rom (sistem operasi khusus) yang atau bahkan salah, namun yang paling umum mereka gagal dalam melakukan proses rooting pada perangkat androidnya.

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Hal Ini Terjadi?

Jika perangkat androidmu terkena masalah ini, jangan panik dan jangan langsung mengira itu tidak bisa diperbaiki lagi. 

Dan kamu juga jangan langsung membawa perangkatmu itu ke service center yang pastinya dapat mengeluarkan biaya yang lumayan mahal, terlebih lagi jika garansi pada hpmu itu sudah tidak berlaku lagi, kan bisa rugi. 

Padahal masalah bootloop tersebut masih bisa diperbaiki kok, itu kan cuma kesalahan di dalam softwarenya saja.

Namun, sebelum kita membahas mengenai cara untuk mengatasi masalah bootloop ini, alangkah baiknya kita pelajari dulu jenis-jenis bootloop agar kamu dapat memahaminya sehingga tidak melakukan tindakan yang kurang tepat. 

Jenis Bootloop dan Cara Mengatasinya


Berikut di bawah ini selain penjelasan mengenai jenis-jenis bootloop, terdapat juga langkah atau cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Bootloop Ringan


Bootloop ringan merupakan jenis bootloop yang masih bisa diperbaiki dengan cara mematikan ponsel, lepas baterai, lepas SIM Card, serta lepas juga Micro-SD. 

Bootloop ringan ini disebabkan oleh kurangnya performa yang mumpuni pada smartphone androidmu. 

Misalnya ketika kamu terlalu memaksakan hpmu untuk bermain game hingga ponselmu cepat panas, lalu terjadilah bootloop.

Bootloop Medium atau Sedang


Untuk bootloop jenis ini biasanya dikarenakan gagalnya pada file system atau data perangkat sehingga terjadi bootloop. 

Untuk memperbaiki masalah tersebut yaitu dengan cara memasuki Recovery Mode sesuai tipe smartphonemu, lalu pilih Wipe Data/Cache, kemudian pilih 'YES' dan terakhir Reboot. 

Hal ini akan menghapus semua aplikasi dan data pada perangkatmu. 

Namun, apabila kamu sebelumnya telah mencadangkan aplikasi dan data pada akun Google Drive-mu, tentu kamu tidak akan khawatir karena akun google-mu akan memulihkan semua data-data perangkatmu.

Softbrick atau Android Brick


Softbrick adalah kondisi dimana smartphone mengalami kegagalan dalam masuk ke sistem yang kebiasaan orang menyebutnya mati total. 

Jenis bootloop ini biasanya disebabkan karena rusak atau hilangnya sebagian system-system pada android sehingga terjadilah softbrick. 

Seringnya, kebanyakan perangkat mengalami masalah ini karena mereka tidak berhati-hati dalam merawat smartphone androidnya hingga systemnya telah dimasuki oleh virus-virus jahat seperti malware, trojan, dan lain-lain.

Nah, untuk memperbaiki masalah ini lumayan rumit, bukan seperti jenis-jenis bootloop di atas. 

Untuk memperbaikinya kamu harus melakukan flashing smartphone androidmu sendiri melalui PC/Laptop menggunakan software sesuai merek atau vendor dari smartphonemu. 

Jika kamu repot dalam memperbaiki masalah bootloop pada perangkatmu itu. Kamu juga bisa membawa smartphone pada service center yang sesuai dengan merek hpmu. 

Jangan takut, biaya untuk memperbaiki masalah bootloop tersebut cukup murah kok. 

Namun, kalau menurut kamu ini lumayan mahal, apa salahnya sih mencoba untuk memperbaikinya sendiri?

Akhir Kata


Demikianlah penjelasan singkat mengenai bootloop dan cara mengatasinya.

1 comment for "Pengertian Bootloop dan Cara Mengatasinya"