Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Agar Tidur Menjadi Lebih Nyenyak di Malam Hari

Tips Agar Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Tidur merupakan sebuah kegiatan dimana keadaan fisik dan mental kita di istirahatkan sementara yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Tidur juga merupakan salah satu dari hal yang wajib bagi semua makhluk hidup, termasuk kita, manusia.

Mengapa Kita Diwajibkan Untuk Tidur? 

Kita diwajibkan untuk tidur karena tidur dapat membantu tubuh untuk beristirahat dan juga bersiap-siap untuk besok pagi.

Hal ini sangat penting karena tubuh kita perlu waktu untuk bersantai. Dengan kualitas tidur malam yang baik akan membuat tubuh kita merasa segar pada keesokan harinya.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan kualitas tidur malam yang baik kita direkomendasikan oleh pakar kesehatan untuk tidur sekiranya selama 7-8 jam.

Jika hal tersebut tidak kita penuhi, maka kita akan lebih mudah merasakan lelah dan juga kekurangan energi dalam beraktivitas di esok pagi.

Terkadang, tanpa kita sadari, kita tidur dengan kualitas yang buruk karena masih saja sibuk seperti mengerjakan tugas, lembur kerja, dan lain sebagainya.

Apalagi ketika kita dalam kondisi stress, maka bangun dipagi hari nanti akan merasakan pusing atau sakit kepala.

Tips Agar Tidur Menjadi Lebih Nyenyak


Berikut di bawah ini terdapat 6 tips agar tidur menjadi lebih nyenyak pada malam hari.

1. Hindari Minuman Berkafein


Kafein adalah senyawa alkaloid xantina yang berbentuk kristal dan berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan juga diuretik ringan.

Kafein akan bertahan di dalam tubuh setidaknya lima hingga delapan jam.

Hal inilah yang penyebabkan kita menjadi kesulitan untuk mendapat kualitas tidur yang sehat.

Nah, jika kamu ingin tidur nyenyak, cara yang pertama ialah hindari mengonsumsi minuman berkafein, seperti misalnya minuman bersoda, teh, atau bahkan kopi.

2. Melakukan Olahraga Ringan Sebelum Tidur


Banyak beberapa hal yang bermanfaat ketika kamu berolahraga sebelum tidur, salah satunya adalah agar dapat membuat kualitas tidur yang lebih baik.

Olahraga tentunya dapat membantu tubuh kita mengeluarkan hormon endorfin yang dapat menimbulkan rasa tenang, mengurangi stress, pereda rasa sakit, dan mempermudah kita untuk tidur lebih nyenyak.

Nah, olahraga yang dapat dilakukan sebelum tidur tentunya olahraga ringan seperti contohnya squats, naik turun tangga, senam yoga atau bahkan senam kegel.

3. Mandi Sebelum Tidur


Siapa sangka, ternyata mandi di malam hari sebelum tidur dapat membuat kita agar bisa mempermudah untuk tidur dengan nyenyak.

Apalagi kamu mandi dengan air yang hangat dan menggunakan sabun dengan aroma yang menenangkan.

Ketika badanmu menjadi lebih segar dan wangi, hal ini dapat membuat kamu dapat tertidur dengan nyenyak di malam hari.

4. Jangan Bermain Handphone atau Laptop


Melatonin, ialah hormon alami pada tubuh yang diproduksi oleh kelenjar pituitary yang dapat membantumu tidur, ternyata hanya ada pada malam hari.

Jadi, saat kamu mematikan lampu dan berhenti mengutak-atik hp atau gadgetmu sebelum tidur, pikiran dan juga mata kamu akan memulai mengirimkan sinyal ke kelenjar pineal untuk mulai memproduksi melatonin ini.

Tetapi, jika kamu termasuk orang yang tidak bisa lepas dari gadget, kamu dapat mencoba untuk memasang aplikasi yang berfungsi sebagai alat untuk membantu mengurangi cahaya biru.

Dengan ini, cahaya biru dapat berkurang dan mata pun akan terjaga ketika menggunakan gadget pada malam hari.

5. Membatasi Waktu Tidur Siang


Tidur siang dapat menjadi salah satu penyebab kamu sulit untuk mendapat kualitas tidur yang baik di malam hari.

Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi waktu tidur siang, yakni tidak boleh lebih dari 25 menit.

Untuk membatasi waktu tidur siang, kamu bisa mencoba mengalihkan kebiasaan tidur di siang hari untuk hal lain seperti seperti bersepeda, membaca buku, jalan kaki, atau bermain game.

6. Ciptakan Ruang Tidur Yang Nyaman


Ruangan tidur yang nyaman, bersih, dan tidak berantakan tentunya mampu membantu kamu untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih nyenyak.

Gunakan juga pewangi ruangan agar kamu dapat merasakan kesegaran pada malam harinya.

Dengan ini, kamu dapat tertidur pulas tanpa ada sesuatu yang membuatmu merasa tidak nyaman.

Kesimpulan


Nah, itu dia tips-tips agar tidurmu menjadi lebih nyenyak pada malam hari.

Dengan memperoleh kualitas tidur yang nyenyak, hal ini tentu dapat menjaga kesehatan pada diri kita, baik itu fisik maupun mental.

1 comment for "6 Tips Agar Tidur Menjadi Lebih Nyenyak di Malam Hari"

  1. Boleh juga nih, soalnya belakangan sering begadang, raiso tidur kaya kena insomnia

    ReplyDelete