Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Merasa Sedih? Ini 6 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Sedih yang Berlebihan


Setiap orang bahkan kamu pernah merasakan sedih, mulai dari yang biasa hingga berujung depresi (fase bahaya).

Rasa sedih merupakan sebuah respon seseorang terhadap sesuatu yang telah terjadi padanya, mulai dari kehilangan sesuatu, kehilangan orang yang ia sayangi, gagal dalam melakukan sesuatu, dan banyak lainnya.

Rasa sedih merupakan hal yang normal ketika seseorang tersebut merasa tidak nyaman dengan keadaan, suasana, dan lainnya.

Setelah semuanya usai dan normal kembali maka perasaan sedih pun akan hilang dengan sendirinya.

Nah, maka dari itu kamu perlu tau bagaimana cara mengatasi rasa sedih supaya dapat segera kembali bahagia seperti dulu kala.

Tetapi sebelum itu, hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan perasaan sedih ini adalah dengan memahami hal-hal yang menjadi penyebab dalam kesedihanmu itu.

Tips Menghilangkan Rasa Sedih


Berikut dibawah ini terdapat 6 cara mudah menghilangkan rasa sedih yang berlebihan.

1. Jika Ada Masalah, Segera Tuntaskan!


Masalah tentu saja muncul karena bisa saja akibat kesalahan kita sendiri atau muncul secara tiba-tiba.

Apa salahnya sih kamu menyelesaikan masalah tersebut? Toh, sebesar apapun masalahnya pasti akan ada jalan keluarnya kok!

Cobalah untuk meminta petunjuk kepada Tuhan agar kamu diberikan kemudahan dalam menyelesaikan masalah itu.

2. Saling Bertukar Pikiran Dengan Yang Lain


Siapa bilang bertukar pikiran tidak efektif untuk menghilangkan rasa sedih?

Justru dengan bertukar pikiran maka kita akan mendapatkan saran-saran dari teman, orang tua, sahabat, pacar, atau lawan bicara kita.

Ketika kamu tidak bisa menyelesaikan masalah tersebut, selain berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mintalah solusi kepadanya agar kamu dipermudah dalam menyelesaikan masalah tersebut dan kamu pun bisa kembali bahagia.

3. Cobalah Untuk Menghibur Diri Sendiri


Kalau kamu malu untuk mengungkapkan rasa sedihmu kepada orang lain, maka cobalah untuk menghibur dirimu sendiri agar dirimu tidak terjebak dalam zona kesedihan.

Kamu bisa mencoba untuk menghibur diri sendiri dengan cara bermain game, menonton film, dan membaca novel untuk sementara sembari rasa sedihmu hilang.

Cara ini juga merupakan yang paling efektif untuk membuat mood-mu kembali normal.

4. Jangan Ragu Untuk Mengekspresikan Semuanya


Jangan pernah kamu memendam semuanya itu terlalu berlebihan.

Jika kamu tidak kuat dalam menahan tangis, luapkan saja agar hatimu lebih lega dan menangis juga dapat membuat pikiran kita menjadi lebih segar.

Selain menangis, banyak cara juga kok untuk mengekspresikan diri ketika kamu sedang sedih.

Misalnya dengan mengekspresikan diri melalui sebuah karya seperti contohnya yakni menulis, bernyanyi, berpuisi, dan lain-lain.

5. Kalau Kamu Lelah, Tidur Aja Dulu!


Jangan berlarut-larut dalam kesedihan!

Terkadang otak dan tubuh kamu juga perlu istirahat setelah kamu dihadapi oleh masalah-masalah yang membuatmu lelah.

Cara ini juga efektif banget karena setelah kita istirahat maka pikiran kita juga segar dan kita akan menemukan kebahagiaannya kembali.

6. Melakukan Hal-Hal Yang Bermanfaat


Jangan terpuruk pada satu momen saja, alihkan pikiran ke hal-hal yang bermanfaat agar kamu kembali ceria seperti berolahraga, belajar dan mengerjakan tugas, membaca kitab suci, serta membaca buku ilmu pengetahuan.

Intinya, lakukan saja hal-hal positif yang dapat membantu dirimu untuk menghilangkan rasa sedih ini.

Dengan kita melakukan hal-hal positif dan bermanfaat, maka kita akan dialihkan dari perasaan bersedih menjadi pulih kembali. 

Akhir Kata


Nah, itulah beberapa cara untuk menghilangkan kita dalam kesedihan. Bersedih boleh saja, tetapi jangan terlalu ya.

Jangan selalu mengeluh, jangan berlarut-larut dalam kesedihan, jangan lupa untuk berdoa dan bersyukur baik dalam kebahagiaan maupun juga kesedihan.

Ingatlah bahwa selalu ada yang mendengarkan curahan hati kita yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

Post a Comment for "Merasa Sedih? Ini 6 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Sedih yang Berlebihan"