Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lebih Baik Ebook atau Buku Cetak? Ini 5 Perbandingannya!

Lebih Baik Buku Cetak atau Buku Digital e-Book?

Ebook merupakan versi evolusi dari buku yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika pada umumnya buku memiliki cover dan isi yang tidak lain terbuat dari kertas, maka berbeda dengan e-book, ia tidak menggunakan kertas bahkan tidak memiliki fisik.

Seperti pada namanya, e-book atau buku elektronik hanya bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat saja seperti komputer, tablet, dan smartphone.

Meskipun ini berbeda dengan buku, tetapi juga e-Book tidak melupakan adanya tulisan beserta gambar.

Namun, tentu saja ini berbeda karena e-book mempunyai tema yang dapat kita ganti kapan saja seperti tema mode malam, siang hari, dan banyak lainnya.

Apakah Ebook Lebih Baik Daripada Buku?


Tentu saja. Di era zaman sekarang, terutama para generasi milenial, lebih memilih ebook dibandingkan dengan buku pada umumnya.

Mengapa demikian?

Menurut mereka, selain mudah digunakan, juga nyaman untuk dibaca karena buku biasa hanya bisa dibaca ketika dalam keadaan terang saja.

Sedangkan Ebook, meskipun dalam keadaan gelap, ini masih dapat dibaca karena adanya sinar dari perangkat elektronik.

Tidak lupa juga dengan adanya teknologi zaman sekarang, cahaya biru yang keluar dari ponsel sudah tidak terlalu bahaya karena telah dioptimalkan.

Ya meskipun masih banyak perangkat yang belum dilengkapi dengan fitur blue light protection. Kita tunggu saja kedepannya.

Tetapi jika kita melihat ini dari segi kesehatan, tentu saja lebih baik buku biasa dibandingkan dengan ebook.

Meskipun teknologi pada era sekarang telah ada fitur blue light protection yang dapat membantu mengurangi atau juga mengoptimalkan cahaya biru dari perangkat, hal ini tidak sepenuhnya dapat membuat mata kita tetap terjaga.

Hal negatif dari perkembangan yang maju masih harus tetap diwaspadai karena tidak semuanya bisa berjalan dengan sempurna. 

Jadi, Manakah Yang Lebih Baik?


Sebelum kita membuat kesimpulan mana yang lebih baik ebook atau Buku, berikut di bawah ini terdapat beberapa perbandingan antara ebook dan buku cetak.

1. Segi Kepraktisan


Jika kamu ingin membaca ataupun membuka buku dimana saja atau kapan saja, tentunya ebook menjadi pilihan yang lebih baik.

Mengapa demikian? 

Karena hanya dengan menyalakan perangkat selama itu ada di dekatmu, maka kamu tentu tidak akan lagi susah-susah untuk mencari buku di lemari ataupun tas sekolahmu.

Selain itu, kamu juga dapat membawa ratusan bahkan ribuan buku dalam satu perangkat saja.

Hal ini dikarenakan ebook tidak mempunyai fisik sehingga kamu tidak perlu lagi repot-repot membawa buku cetakan yang membuat bawaan kamu menjadi lebih berat.

2. Segi Ketahanan


Hal ini masih berat mana yang lebih baik, e-Book atau Buku?

Jika kita dapat merawat dan menjaga buku cetak, tentu lima tahun kedepan juga buku cetak nggak bakalan hilang ataupun rusak kok. 

Begitu pula dengan e-Book, kalau kita dapat merawat dan menjaga perangkat, e-Book ini sampai kapanpun juga nggak bakalan rusak apalagi hilang.

Namun, apabila perangkat kita terserang virus yang mengancam file-file di perangkat, tentu ini bahaya dan buku-buku pun akan rusak atau bahkan hilang.

Intinya, semua bergantung pada diri kita masing-masing yang merawat dan menjaganya.

3. Segi Fisik


Tentu saja jawabannya adalah buku lebih baik daripada ebook.

Buku tentunya memiliki fisik dibandingkan dengan e-Book yang sama sekali tidak mempunyai fisik.

Dibalik e-book yang praktis digunakan dimana saja, namun buku tentunya lebih baik sebagai pengalaman fisik. 

Apa Itu Pengalaman Fisik?

Misalnya gini, pada suatu masa remaja kamu membaca buku novel dan kamu pun menaruh buku tersebut pada rak buku.

Setahun sesudah itu, tentunya ketika kamu melihat kembali buku tersebut maka hal itu dapat membuat pemicu ingatan kamu tentang cerita novel yang telah kamu baca setahun yang lalu atau pertama kali kamu membacanya.

Pengalaman fisik tersebut saat kamu membaca akan tersimpan di dalam otak sehingga ketika kamu membaca kembali kamu akan terpicu untuk mengingatnya.

4. Segi Terjangkau


Lebih mudah mencari buku di internet atau di gramedia, toko-toko buku? Tentunya mudah di internet, kan?

Nah, kalau melihat dari segi yang lebih terjangkau maka jawaban yang tepat ialah ebook!

Ebook lebih mudah dijangkau karena aplikasi-aplikasi penyedia e-Book sangat begitu banyak seperti Google Play Book, Amazon Books, dan bahkan Wattpad apabila kamu lebih menyukai cerita novel tanpa perlu repot-repot datang ke gramedia buku.

Selain itu, e-Book juga tentunya lebih murah dibandingkan dengan buku-buku di offline store. 

5. Segi Kesehatan


Seperti yang sudah dibahas tadi. Buku cetak tentunya lebih baik bagi kesehatan karena kita tidak mudah lelah ketika membaca walaupun berjam-jam.

Berbeda dengan membaca pada perangkat elektronik, cahaya layar dapat saja membuat mata kita akan lelah karena harus menatap layar tersebut.

Oleh karena itu, buku cetak lebih baik bagi kesehatan dibandingkan dengan ebook.

Kesimpulan


Dapat disimpulkan bahwa untuk kesehatan, buku cetak jauh lebih baik daripada e-Book karena mata tidak akan lelah melihat sebuah tulisan dari kertas-kertas yang ada di buku cetak.

Namun, untuk masalah lebih praktis, tentunya lebih baik ebook karena mudah dibawa kapan saja dan dimana saja.

Intinya, semua memiliki plus dan minusnya masing-masing, kita tinggal memilih mana yang lebih baik dan nyaman bagi diri kita masing-masing.

Tetapi kemungkinan besar, pada era zaman sekarang, tentu ebook lebih banyak diminati karena seiring perkembangan zaman yang merubah buku cetak menjadi buku digital.

Post a Comment for "Lebih Baik Ebook atau Buku Cetak? Ini 5 Perbandingannya!"