Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bentuk Tindakan Kriminalitas Yang Ada di Indonesia

Bentuk Tindakan Kriminalitas

Di dunia, bahkan Indonesia, tentu ada saja yang melakukan kejahatan kriminal, baik yang secara individu maupun berkelompok.

Tindakan kriminalitas merupakan suatu bentuk perbuatan melanggar hukum pidana dan bisa dilakukan secara sadar melalui perencanaan.

Pelaku yang melakukan kriminalitas disebut seorang kriminal.

Tindakan kriminal tentunya dapat merugikan orang lain misalnya mencuri, merampok, membunuh, dan hal-hal lain yang dapat merugikan seseorang.

Penyebab Tindakan Kriminalitas


Terdapat banyak hal yang menjadi suatu faktor penyebab yang melatar belakangi seseorang melakukan tindakan kriminal.

Seperti perbedaan suku, budaya, pandangan politik, atau bahkan agama.

Seseorang yang telah buntu pikirannya maka dapat saja mereka melakukan tindakan kriminal. Ini tentu dapat merugikan seseorang.

Maka dari itu, tindakan kriminalitas merupakan gejala sosial yang tidak diharapkan oleh para masyarakat. 

Bentuk Tindakan Kriminalitas di Indonesia


Berikut dibawah ini terdapat bentuk dan contoh tindakan kriminalitas atau kejahatan yang ada di Indonesia dalam berbagai bidang.

1. Perampokan


Perampokan adalah bentuk tindakan kriminal berupa mengambil harta benda milik orang lain dengan cara kekerasan atau kekejaman.

Aksi perampokan biasanya dapat disertai dengan penganiayaan, intimidasi, dan paksaan kepada korban.

Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor, salah satunya sebagai akibat kebutuhan yang semakin banyak, tetapi tidak diimbangi dengan pemasukan yang sesuai dengan suatu kebutuhan hidup. 

Perampokan dapat dikatakan pencurian besar hanya saja di dalam pencurian seorang pelaku hanya mengambil berbagai harta benda secara diam-diam saja berbeda dengan perampokan yang melakukan hal ini secara terang-terangan.

2. Korupsi


Korupsi adalah tindakan kriminal yang hingga saat ini masih menjadi suatu masalah besar bagi kenegaraan dunia, khususnya Indonesia.

Perilaku korupsi menjadi perhatian oleh banyak pihak karena ini tidak hanya dapat merugikan keuangan negara, tetapi juga pada masyarakat yang sudah banyak dirugikan.

Budaya korupsi yang telah menjadi kebiasaan oleh para pejabat seakan menjadi kebutuhan primer yang sangat sulit dihilangkan.

Pejabat kerah putih ini seakan mereka tidak mempunyai dosa dengan suatu tindakannya yang sangat tercela, yakni korup.

3. Kejahatan Dunia Maya atau Cyber Crime


Contoh Kejahatan Dunia Maya atau Cyber Crime
Penipuan via Whatsapp
Pernahkah kamu mendapatkan pesan singkat, baik SMS maupun pesan Whatsapp atau sosial media lain seperti yang tampak pada gambar di atas?

Tahukah kamu, bahwa pesan tersebut bisa dikatakan sebagai tindakan kriminal pada bidang dunia maya yakni cyber crime?

Apa itu Cyber Crime?

Cyber crime merupakan tindak kejahatan yang kerap sering kali terjadi di dunia maya melalui koneksi internet.

Tindakan kriminal pada dunia maya terjadi di dalam berbagai bentuk seperti hacking, pornografi, penipuan jual beli secara online atau daring, penipuan uang, dan bahkan aksi peretasan situs-situs penting.

Cyber crime dilakukan di dunia maya dengan menggunakan peralatan apa pun yang dapat terhubung dalam internet yang kemudian dapat mengakibatkan kerugian material dan imaterial.

Hal tersebut mengakibatkan kerugian yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan kejahatan bersifat konvensional.

Cyber crime juga dapat dilakukan lintas negara.

4. Human Trafficking atau Perdagangan Manusia


Human trafficking merupakan transaksi dagang yang menjadikan manusia sebagai suatu objek jual beli.

Transaksi perdagangan manusia bisa diawali dengan penipuan, penculikan, dan juga pemaksaan terhadap korban.

Human trafficking juga merupakan suatu eksploitasi dari manusia itu sendiri seperti pelacuran, perbudakan, dan perdagangan atau pengambilan organ tubuh manusia.

Human trafficking merupakan bentuk kejahatan transnasional yang dapat melibatkan banyak negara karena penjualannya memang tersebar di seluruh negara. 

Sebagai contoh dari human trafficking, adalah yakni mereka sering kali di iming-imingi kerja di luar negeri dengan gaji yang besar, tetapi pada kenyataannya mereka malah disiksa oleh para majikannya disana. 

5. Penyalahgunaan Narkoba


Penyalahgunaan narkoba, salah satunya ganja bisa menyebabkan seseorang berbuat kriminal.

Oleh karenanya, Indonesia menganggap ganja ilegal memanglah tentunya sangat berbahaya apalagi yang biasanya mengonsumsi narkotika adalah para pemuda yang merupakan harapan bangsa. 

Narkoba memanglah pantas dianggap sebagai faktor penyebab kriminalitas, karena narkoba sudah menjadi ancaman bagi bangsa negara Indonesia yang yakni setiap harinya terdapat kurang lebih 30-50 jiwa melayang setiap hari akibat penyalahgunaan narkoba ini.

Masalah narkoba memanglah harus menjadi perhatian bagi para pemuda, orang tua, penegak hukum, dan masyarakat agar supaya dapat mencegah penyalahgunaan narkotika.

Kesimpulan


Sebagai manusia yang dianugerahi pikiran dan akal oleh Tuhan Yang Maha Esa, hendaknya kita berusaha agar dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Sudah seharusnya kita memanfaatkan akal dan pikiran guna meningkatkan kualitas hidup.

Ingatlah, usaha yang dilakukan dengan cara-cara negatif yakni salah satunya adalah dengan melakukan tindakan kriminal seperti hal-hal diatas tidak akan membawakan kita ke dalam keberkahan hidup karena hal tersebut malah dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

2 comments for "Bentuk Tindakan Kriminalitas Yang Ada di Indonesia"

  1. Ada satu lagi mas, Hipnotis. kmrn sedang marak itu, mungkin bisa diulas nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik. Terima kasih atas masukannya.

      Delete