Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Radiasi Ponsel: Dampak Buruk dan Cara Mengurangi Bahaya Radiasi HP

Bahaya Radiasi Ponsel

Di zaman serba canggih seperti sekarang ini, siapa sih yang tidak memiliki HP? Semua orang, baik anak-anak sampai orang dewasa pun sebagian besar pasti memilikinya.

Namun, hal ini terkadang dapat menimbulkan ketergantungan pada ponsel. Padahal, bahaya radiasi ponsel tengah mengancam kesehatan.

Banyak orang yang merasa tidak bisa hidup tanpanya, pergi kemanapun harus dibawa sampai tidurpun diletakkan di sampingnya.

Durasi penggunaannya pun semakin tinggi. Padahal tanpa disadari, kesehatan mereka dipertaruhkan. Berikut ulasan singkat terkait bahaya radiasi ponsel yang ditimbulkannya.

Pengertian Radiasi Ponsel

Ponsel dapat memancarkan radiasi yang berupa Radio Frequency (RF) dalam tingkat rendah, namun mampu menyebar ke segala arah.

Radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh HP tersebutlah yang kemudian diserap oleh tubuh ketika terjadi kontak langsung dengan jarak yang dekat.

Jumlah radiasi yang diterima oleh tubuh juga tergantung pada beberapa faktor. Diantaranya ialah teknologi yang digunakan dalam perakitan HP, jarak HP dan orang yang menggunakannya, serta tingkat pemakaiannya.

Radiasi satu ponsel dengan yang lainnya tidaklah sama, namun semuanya mengandung risiko yang membahayakan kesehatan.

Oleh karena itu, sebagai pengguna HP, Anda harus memahami betul pengertian radiasi ponsel dan bahayanya bagi kesehatan.

Dampak Buruk Radiasi Ponsel

Saat ini memang banyak pekerjaan yang bisa dikontrol hanya dengan menggunakan HP. Hal tersebutlah yang tak jarang membuat banyak orang memakai HP dalam intensitas tinggi.

Padahal, HP sebenarnya memiliki radiasi yang berbahaya. Berikut dampak buruk radiasi ponsel bagi tubuh.

Dampak Radiasi Ponsel Berisiko Terkena Kanker

Tidak dapat dipungkiri lagi jika radiasi ponsel dan kanker merupakan kedua hal yang sampai saat ini masih menjadi kontroversi. Belum ada bukti yang secara jelas membuktikan bahwa radiasi ponsel dapat menyebabkan penyakit kanker.

Radiasi ponsel bersifat karsinogenik yang mana sifat tersebut kemungkinan dapat memunculkan risiko terkena karsinogenesis. Dalam dunia kedokteran, karsinogenesis merupakan suatu proses terbentuknya kanker. Oleh karena itu, radiasi ponsel dianggap dapat menyebabkan kanker.

Dalam hal ini, sebenarnya badan kesehatan dunia, yaitu WHO juga telah menyebutkan bahwa radiasi yang ditimbulkan dari ponsel kemungkinan menyebabkan kanker. Namun, penelitian tersebut masih terus dilakukan untuk mencari kebenarannya.

Dampak Radiasi Ponsel bagi Pria

Dampak buruk yang ditimbulkan dari radiasi ponsel juga mengancam kesuburan pria. Seorang pria biasanya cenderung meletakkan HP di saku celananya.

Letaknya yang berdekatan dengan organ intim tersebutlah, radiasi HP mungkin saja dapat mempengaruhi sperma.

Sperma yang terkana paparan radiasi dari ponsel dapat mengalami masalah berupa kerusakan yang menyebabkan geraknya lebih rendah dan hidupnya hanya sebentar. Namun, hal ini sebenarnya juga masih dalam proses penelitian dan peninjauan lebih lanjut.

Dampak Radiasi Ponsel pada Kesehatan Janin

Ibu hamil bisa dikatakan sebagai seseorang yang sangat rentan dan sensitif dengan lingkungan sekitarnya.

Hal ini mungkin disebabkan kehamilannya yang mempengaruhi imun tubuhnya. Nah, karena itulah, seorang ibu hamil harus berhati-hati saat menggunakan HP.

Radiasi yang dimiliki HP akan sangat membahayakan dan memberi dampak buruk pada janin yang dikandungnya. 

Bayi yang terlahir bisa saja mengalami berbagai macam gangguan pada perilaku, seperti menjadi individualis, tidak peka dengan sekitarnya, bahkan bisa hiperaktif.

Hal semacam ini disebabkan karena lapisan yang melindungi sel saraf otak terkena radiasi HP ketika saat masih dalam kandungan.

Kasus ini sebenarnya belum sepenuhnya dibenarkan dalam dunia kesehatan. Namun, agar terhindar dari bahaya radiasi ponsel,  jangan meletakkan HP di sekitar perut.

Dampak Radiasi Ponsel bagi Anak-Anak

Orang tua akhir-akhir ini lebih memilih mengasuh anaknya dengan memberikannya HP daripada mengajarkannya bermain mainan tradisional. Alasannya adalah, dengan cara seperti itulah anak mudah dikendalikan, anak akan cepat diam, dan tidak merengek meminta yang lainnya.

Lain halnya ketika harus kesana kemari mengikuti kemana anaknya bermain, orang tuanya pasti akan merasa kewalahan, terlebih jika anaknya hiperaktif. Namun, sebenarnya pendidikan semacam ini kurang tepat dilakukan.

Anak akan terbiasa bermain HP sejak dini dan ditakutkan menjadi ketergantungan. Memang benar jika ketika anak diberikan HP mereka akan diam. Namun, apakah orang tua paham jika sebanarnya anak-anak memiliki resiko terkena radiasi lebih tinggi.

Mereka bisa saja mengalami kerusakan pada tubuhnya akibat sinar radiasi yang dipancarkan oleh ponsel. Fisik anak masih sangat sentisif karena memiliki tengkorak yang lebih tipis, sehingga jaringan otaknya dapat dengan mudah menyerap sinar radiasi.

Selain itu, ukuran tubuhnya yang masih kecil juga memudahkan sinar radiasi cepat menyebar ke seluruh tubuh dan mempengaruhi metabolisme sel-sel pada saraf otak. Oleh karena itulah, orang tua sebaiknya mengawasi betul segala perilaku anak dan mengurangi mereka menggunakan HP.

Cara Mengecek Tingkat Radiasi Ponsel

Ada dua jenis tingkat radiasi pada sebuah ponsel, yaitu radiasi ketika terpapar pada tubuh dan terpapar pada kepala.

Nah, dari sini akan diuraikan bagaimana cara mengecek tingkat radiasi pada ponsel agar dapat lebih berhati-hati ketika menggunakannya.

Melalui Dial Up Ponsel

Cara mengecek tingkat radiasi pada ponsel yang pertama ialah melalui dial up dan ini tergolong cukup mudah. Anda hanya diminta untuk memanggil *#07#. 

Hanya memerlukan beberapa detik saja dan Anda akan mendapatkan informasi mengenai detail radiasi Radio Frequency pada ponsel.

Melalui Buku Panduan Ponsel

Ketika melakukan pembelian HP, pasti dalam kardusnya dilengkapi dengan buku panduan cara menggunakannya. 

Nah, sebagian besar HP keluaran terbaru telah dilengkapi informasi nilai SAR pada ponsel, sehingga berapa frekuensi radiasinya dapat diketahui.

Memeriksa Situs Produsen Ponsel

Cara selanjutnya yang bisa dicoba untuk mengetahui berapa tingkat radiasi ponsel ialah dengan memeriksa pada situs milik produsennya. Anda hanya perlu menyiapkan apa model ponsel yang akan dicek tingkat radiasinya.

Setiap produsen pasti akan menyediakan informasi yang berkaitan dengan ponsel, termasuk tingkat radiasinya. Dengan demikian, cara ini bisa Anda coba agar dapat mengetahui ciri-ciri ponsel memiliki radiasi tinggi itu apa saja.

Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Ponsel

Gelombang radiasi yang dibawa oleh HP memang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan. 

Oleh karena itulah, sebagai pengguna HP, Anda harus bisa menggunakannya dengan cerdas dan tepat. Berikut cara mengurangi bahaya radiasi ponsel yang bisa diterapkan.

Kurangi Intensitas Penggunaan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahaya sinar radiasi ialah dengan mengurangi penggunaan HP. Hal ini mungkin cukup berat jika penggunanya telah ketergantungan. Apalagi jika pekerjaannya sebagian besar dikerjakan dengan HP.

Gunakan Alat Penghubung Antara Pengguna dan Ponsel

Sebagai upaya mengurangi paparan radiasi ponsel usahakan untuk hands-free saja, apalagi saat melakukan panggilan. Hal ini dilakukan untuk menjauhkan ponsel dari kepala sehingga radiasi tidak diserap oleh saraf otak.

Jauhkan Ponsel dari Tubuh Ketika Tidur

Hal yang kerap kali terjadi dan diremehkan dampaknya oleh sebagian besar orang ialah tidur bersama HP. Tidak jarang orang ketiduran saat sedang main HP atau bahkan memang sengaja meletakkan HP di samping kepalanya karena digunakan sebagai alarm.

Padahal, gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dapat menyebabkan gangguan pada otak, bahkan bisa jadi menyebabkan kerusakan DNA. Oleh karena itulah, sebelum tidur letakkan HP jauh dari tubuh.

Akhir Kata

Demikianlah artikel singkat terkait dengan memahami bahaya radiasi ponsel bagi tubuh dan cara mengenalinya.

Penggunaan HP di zaman yang semakin modern ini memang sangat memberi bantuan. Namun, Anda harus bisa mengontrol penggunaannya, tidak boleh berlebihan. Hal ini sebagai upaya menekan bahaya radiasi ponsel agar tidak terlalu tinggi.

2 comments for "Radiasi Ponsel: Dampak Buruk dan Cara Mengurangi Bahaya Radiasi HP"

  1. Wah...nice info banget ini se enggaknya aku jadi tau cara mengurangi bahaya dari paparan radiasi ponsel & jujur aku baru tauloh kalo tingkat radiasi hp itu bisa di ukur (maap blogger kudet)

    Btw thanks for sharing

    ReplyDelete
  2. Ngecek pakai *#07# nggak bisa gan di samsung. Btw blogwalking ya ke andhikayp.com

    ReplyDelete