Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Aman? Berikut 5 Hal yang Perlu Dihindari Dalam Berinternet

Hal yang Perlu Dihindari Dalam Berinternet

Masyarakat Indonesia mulai dari kalangan para remaja, orang tua, sampai anak kecil zaman sekarang tidak pernah terlepas dari genggaman sebuah gadget.

Hari demi hari penggunaan gadget semakin meningkat seiring berkembangnya teknologi digital, termasuk dalam berinternet dan sosial media.

Hal ini disebabkan oleh kenyamanan dan keasyikan tersendiri dalam bermain gadget mulai dari bermain game, berinteraksi jarak jauh, streaming film ataupun hiburan, dan berselancar di Internet.

Tentu alasan tersebutlah yang membuat sebagian besar penduduk Indonesia sulit menjauh dari penggunaan Internet, terutama kaum generasi milenial.

Namun, yang perlu dikhawatirkan dalam berinternet adalah aman atau tidaknya privasi kita seperti lokasi, data penting, dan informasi pribadi di dunia maya tersebut. 

Oleh karena itu, pengguna harus mengetahui beberapa hal yang perlu dihindari dalam berinternet dan sosial media.

5 Hal yang Perlu Dihindari Dalam Berinternet


Berikut beberapa hal yang perlu dihindari dalam berinternet agar selalu waspada dan tetap aman.

Terlalu Berlebihan dalam Berinternet


Hal pertama perlu dihindari dalam berinternet supaya tetap aman adalah jangan terlalu sering browsing sesuatu di Internet.

Meskipun Internet merupakan sumber informasi yang tidak terbatas, namun bukan berarti selalu mencari apapun di sana karena sesuatu yang berlebihan sangatlah tidak baik untuk diri sendiri.

Nah, oleh sebabnya apabila sudah kecanduan dalam berinternet sebaiknya kurangi dan lakukanlah hal penting lainnya. Jangan sampai terjebak dalam zona nyaman.

Selain itu, hindari diri Anda terbiasa dalam mencari suatu hal yang sama sekali tidak ada manfaatnya terlebih lagi untuk anak di bawah umur karena harus selalu diawasi dan dibatasi penggunaannya.

Mengumbarkan Hal Pribadi di Medsos


Dalam berinternet dan bermedia sosial, tentu hal apapun pasti dapat dilihat oleh warganet atau warga dalam Internet.

Semua hal yang telah diupload oleh pengguna dapat tersebar secara cepat dan semua orang bisa mengaksesnya, termasuk juga postingan yang sifatnya pribadi.

Terlebih lagi sekarang semakin banyak aktivitas jahat di dunia maya oleh pihak tak bertanggung jawab mengincar sebagian pengguna sosial media.

Karenanya, hal seperti itulah yang harus dihindari dalam berinternet sebab pelaku cyber crime bisa dengan mudahnya menargetkan Anda sebagai korban perilaku jahat tersebut.

Terhasut Berita yang Belum Jelas Sumbernya


Setiap kali berselancar di dunia Internet tentunya banyak berita yang muncul dalam layar kaca gadget misalnya tentang viral, laporan, politik, dan sebagainya.

Seringkali informasi tersebut terbagikan dengan jumlah share yang tidak sedikit oleh pengguna Internet padahal laporan tersebut belum tentu benarnya.

Nah, kita tahu bahwa dalam membaca apapun harus bijak agar terhindar dari hasutan berita HOAX di media sosial. Jangan mudah percaya dan cari tahulah kebenaran dahulu sebelum membagikannya.

Terhasut berita palsu sama halnya merugikan diri sendiri. Sebabnya, mulai sekarang bijaklah dalam mempercayai hal apapun termasuk pada media besar yang ada di Internet maupun Televisi.

Menyinggung SARA Hingga Memicu Perdebatan


Semboyan utama bangsa Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu.

Nah, apabila kita sebagai penduduk Indonesia pastinya harus selalu bertoleransi serta menghormati suatu perbedaan apapun mulai dari Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan.

Maka dari itu hindari hal yang mengakibatkan debat baik di media sosial maupun lingkungan sekitar, jangan sampai kita terpecah belah karena suatu ketidaksamaan.

Selain mengundang perdebatan, menyinggung SARA juga dapat menimbulkan debat kusir yang berujung perang sehingga berakibat pecahnya suatu bangsa Indonesia.

Perlu digaris bawahi, bermedia sosial pun harus berhati-hati dalam memilih suatu kata, jangan asal ketik karena hal sepele pun bisa membuat sebagian orang tersinggung dan merasa tidak nyaman.

Membiarkan Anak di Bawah Umur Berinternet


Hal terakhir yang perlu dihindari ialah terlalu membiarkan anak di bawah umur bebas mengakses apapun di Internet.

Ini sangat tidak dianjurkan karena anak pada usia tersebut mudah sekali menyerap informasi dari siapa pun, tak terkecuali Internet.

Agar selalu aman maka selalu jagalah dan batasi penggunaan Internet untuk anak kecil. Jangan sampai terpengaruh gadget dalam kegiatan sehari-harinya sebab bisa berdampak buruk pada kehidupan masa kecilnya.

Gunakan sewajarnya saja seperti untuk hiburan semata melalui Youtube Kids, mengikuti belajar daring, dan berinteraksi dengan teman ataupun saudaranya.

Akhir Kata


Demikianlah beberapa hal yang perlu dihindari dalam berinternet dan sosial media agar privasi serta kenyamanan selalu aman di mana pun.

Sebisa mungkin dalam berinternet harus bijak memfilter sesuatu dengan cara menghindari kebiasaan buruk tersebut dan terapkanlah tips aman saat berinternet.

1 comment for "Ingin Aman? Berikut 5 Hal yang Perlu Dihindari Dalam Berinternet"