Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Waktu Efektif Belajar di Rumah, 8 Tips Cermat!

Waktu Efektif Belajar

Belajar merupakan salah satu kegiatan yang harus dilakukan semua orang guna mendapatkan ilmu pengetahuan belum pernah diketahui. Belajar bisa dilakukan di mana pun, termasuk di rumah saja.

Untuk sebagian orang beranggapan bahwasanya belajar adalah suatu hal yang membosankan. Ia melakukan kegiatan belajar hanya pada saat rasa/mood sedang baik saja. Misalnya belajar sebab disuruh orang tuanya, mereka tidak menutup kemungkinan akan malas belajar karena tidak sesuai keinginan.

Kita tahu bahwa setiap pelajar memiliki gaya belajarnya tersendiri. Ada yang cukup belajar melalui membaca buku, menonton video materi, dan ada pula yang sembari mendengarkan musik.

Nah, tentunya waktu efektif belajar setiap orang pun berbeda. Mungkin kamu lebih suka belajar sebelum tidur, tetapi bisa saja orang lain menyukai belajar pagi hari bahkan ada yang setelah diajarkan oleh gurunya.

Waktu Efektif Belajar

Bagi kamu yang belum menemukan jadwal tepat untuk belajar terlebih lagi di rumah, berikut akan diulas secara mendalam tentang tips cermat memilih waktu efektif belajar.

Belajar pada Pukul 5-6 Pagi

Tips pertama untuk pilihan waktu efektif belajar meski di rumah saja ialah pada saat pagi hari, tepatnya pukul 5-6. Mengapa demikian?

Pertama, kalian akan lebih rutin bangun pagi hari untuk memulai aktivitas baru. Kedua, hormon dopamin dari dalam tubuh muncul sehingga membuat kamu lebih bahagia ketika melakukan hal disukai, termasuk mencari ilmu.

Dengan munculnya hal tersebut, seseorang yang sebelumnya kurang bersemangat belajar jadi lebih senang belajar hingga mudah menyerap pengetahuan baru.

Selain itu, keefektifan belajar pagi hari sebelum melakukan kegiatan lainnya maka di waktu selanjutnya tidak merasa malas karena sudah terbiasa merasakan bagaimana rasanya belajar.

Namun, bukan berarti terlalu banyak belajar, istirahat juga perlu untuk menjaga kesehatan otak kita. Tidak disarankan belajar di pagi hari lebih dari satu jam sebab dapat membuat pikiran menjadi pusing dan berdampak malas kembali untuk belajar.

Jadwalkan Belajar Pukul 9-11 Siang

Memilih jadwal belajar pagi menjelang siang hari juga merupakan salah satu tips efektif untuk belajar yang lumayan berat karena pada jam tersebut pikiran dan otak masih segar menerima berbagai wawasan.

Namun, pada saat jam tersebut biasanya rasa malas mulai timbul pada diri kita. Oleh karena itu, sesegera mungkin alihkan hal itu dengan cara belajar sebelum rasa malas muncul hingga berkepanjangan waktu.

Dalam hal ini, waktu efektif pada siang hari bisa digunakan untuk belajar lebih mendalam dan mengusir kemalasan yang akan datang.

Kamu juga bisa belajar sembari memutar lagu yang mampu meningkatkan suasana hati agar belajar lebih mengasyikan dan tidak membosankan meskipun di rumah saja.

Memilih Waktu Pukul 3-6 Sore

Mengambil jadwal jam 3 sampai dengan 6 sore adalah pilihan yang tepat untuk belajar atau mengerjakan tugas dikarenakan biasanya pikiran memerlukan konsentrasi dan energi tinggi.

Ini disebabkan pada waktu tersebut suhu tubuh mengalami peningkatan alami dan organ seperti paru-paru maupun jantung bekerja lebih sempurna.

Jadi tentu saja memungkinkan kamu memahami ilmu yang mungkin terasa berat dan juga bisa digunakan untuk menuntaskan tugas sebab hal ini pastinya membutuhkan kerja otak lebih besar.

Belajar di Malam Hari Pukul 7-8

Sebenarnya pada waktu ini hanya dilakukan untuk kembali mengulang pelajaran yang telah dipelajari pada pagi harinya. Tetapi ada juga yang merasakan kenyamanan belajar materi baru pada malam hari.

Ini disebabkan belajar pada jam-jam tersebut memiliki keefektifan yang tidak kalah bagusnya dengan waktu lain sebab dapat lebih mendalami pembelajaran yang masih belum dipahami sebelumnya.

Biasanya banyak pelajar yang memanfaatkan waktu ini untuk belajar guna menghadapi ulangan di keesokan harinya dikarenakan suasana yang didapat lebih nyaman sehingga dapat menyerap ilmu dengan mudah.

Dengan demikian, tidak ada salahnya belajar saat malam hari sebab yang terpenting adalah kenyamanan dan hal efektif seorang pelajar untuk mendapatkan wawasan pengetahuan.

Kesimpulannya adalah kembali lagi kepada seseorang dalam memilih waktu belajarnya yang tepat dan efektif karena kalianlah yang bisa memahami tubuh sendiri.

Tetapi apabila masih belum yakin, kamu bisa mencoba jadwal baru belajar di rumah yang telah disebutkan di atas agar merasakan suatu hal berbeda dari sebelumnya.

Cara Belajar Efektif di Rumah

Kita telah membahas sebuah tips sederhana mengenai waktu efektif belajar. Selanjutnya, simaklah tips cermat belajar efektif meski di rumah saja.

Memilih Waktu yang Tepat

Seperti yang telah dijelaskan di atas, cara belajar efektif adalah dengan memilih waktu tepat untuk belajar. Kamu bisa memilih waktu belajar efektif sesuai suasana hati (mood). Jangan terlalu memaksakan diri apabila mood sedang tidak baik.

Sebab dalam kondisi tersebut, materi yang ingin dipelajari tidak akan terserap dengan mudah. Karenanya, sebelum belajar alangkah baiknya lakukanlah hal yang dapat meningkatkan mood agar kegiatan belajar berjalan sempurna.

Buatlah Suasana Belajar yang Nyaman

Untuk membuat suasana belajar nyaman, kamu bisa mengatur kamar atau ruangan sedemikian rupa. Selain itu, kamu juga dapat belajar di luar rumah sembari melihat pemandangan agar hati menjadi lebih tenang dan belajar pun efektif. Ini mampu membuatmu jadi lebih mudah fokus dan berkonsentrasi.

Membaca dan Pahami Hasil Bacaan

Kegiatan membaca mampu dilaksanakan untuk belajar. Dalam membaca supaya belajar lebih efektif, kamu perlu menyesuaikan bahan bacaan dengan materi pembelajaran. Setelah membaca, cobalah memahami bacaan dan buat ringkasan terkait bacaan tersebut guna menjadikannya sebagai sumber belajar selanjutnya.

Mencatat Poin Penting Belajar

Ketika mempelajari suatu materi, kamu harus mencatat berbagai poin penting dari materi pembelajaran. Contohnya apabila kamu tengah mempelajari sejarah merdekanya Indonesia, catatlah beberapa poin penting seperti para tokoh pejuang kemerdekaan, sebelum dan sesudah merdeka, hingga faktor penyebab Indonesia mampu merdeka. Dengan cara ini, poin penting tersebut lebih gampang dipahami bahkan dihafalkan.

Akhir Kata

Sekianlah artikel singkat terkait beberapa tips memilih waktu efektif belajar dan cara efektif belajar walaupun di rumah saja.

Mulai sekarang coba lakukan eksperimen baru dengan memilih waktu efektif belajar yang berbeda dan cara cermat belajar agar lebih mudah menyerap ilmu dan tidak membosankan.

3 comments for "Ketahui Waktu Efektif Belajar di Rumah, 8 Tips Cermat!"