Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lawan Malas, Ini 4 Cara Ampuh Menumbuhkan Sikap Disiplin Mulai Dari Diri Sendiri

Cara Menumbuhkan Sikap Disiplin

Di era sekarang ini tidak bisa dipungkiri bahwa perilaku disiplin masyarakat kita memang masih menjadi sebuah masalah bagi sebagian bangsa di tanah air. Salah satu faktor mempengaruhinya ialah rasa kesadaran yang tertanam dalam diri kita masing-masing masih terlalu minim.

Kita semua berharap akan kesuksesan, tetapi tidak jarang manusia yang kurang menyukai beraktivitas dengan penuh kedisiplinan. Padahal sikap disiplin merupakan salah satu syarat paling penting guna mencapai impian dalam kehidupan.

Pengertian disiplin merupakan perasaan taat dan tunduk terhadap nilai-nilai hukum yang dipercaya. Hal ini termasuk juga di dalamnya melakukan pekerjaan tertentu yang dirasakan menjadi tanggung jawab mereka.

Istilah pendisiplinan adalah suatu usaha untuk menanamkan nilai ataupun kemampuan agar seseorang memiliki sikap untuk menaati sebuah peraturan. Dalam hal ini termasuk peraturan suatu organisasi/kelompok, ataupun peraturan yang dibuat bagi diri sendiri supaya selalu ditaati dan dijalankan.

Ketika disiplin sudah menjadi peraturan yang wajib ditaati, maka tentunya ada banyak dampak yang dirasakan apabila hal tersebut dilanggar Ada banyak hal positif yang bisa kita ambil dari sikap disiplin. Salah satu manfaatnya yakni kehidupan akan lebih teratur, kebersihan terjaga, dan semua kegiatan akan lebih terarah jika dilandasi dengan sikap disiplin.

Cara Menumbuhkan Sikap Disiplin Mulai Dari Diri Sendiri

Nah, berikut ini beberapa langkah tepat menumbuhkan sikap disiplin mulai dari diri sendiri yang tentunya akan membantu mewujudkan impian dalam kehidupan di dunia ini.

Pilih Tujuan dan Lawan Rasa Malas

Hal paling utama yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan sikap disiplin yakni dengan menentukan target yang ingin dicapai dan memerangi rasa malas di dalam diri. Kita bisa mengambil langkah ini secara konsisten sebagai langkah awal menuju kedisiplinan diri.

Menumbuhkan kedisiplinan diri memang perlu waktu cukup yang lama. Namun setidaknya, biasakanlah agar diri kita tidak lagi tergoda untuk bermalas-malasan atau melakukan hal yang tidak disiplin.

Sebagai langkah awal, kamu bisa memulai dengan hal kecil seperti menentukan tujuan untuk bangun pagi, melakukan pola hidup sehat secara teratur, dan lain sebagainya. Langkah kecil tersebutlah yang dapat menumbuhkan sikap disiplin dan juga mengurangi rasa malas yang sebelumnya selalu muncul di setiap waktu.

Hindari Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Terlalu terbiasa menunda pekerjaan juga merupakan salah satu kebiasaan yang tidak disiplin. Terlebih lagi bagi seorang pelajar, kebiasaan menunda pekerjaan atau tugas sekolah akan merugikan diri sendiri untuk masa yang akan datang.

Begitu juga bagi seorang pegawai, jika waktu yang diberikan hampir mencapai deadline, kita akan kesulitan untuk menyelesaikan tugas yang harus kita selesaikan. Oleh karenanya, kebiasaan menunda-nunda ini sebaiknya sesegera mungkin dihilangkan. Jangan menjadi kebiasaan buruk.

Ini juga bisa diatasi dengan membuat daftar tugas yang akan diselesaikan menurut skala prioritas. Kita dapat menempatkan pekerjaan yang paling utama pada daftar teratas. Kemudian, mengurutkannya dengan prioritas di bawahnya sampai seterusnya. Dengan cara seperti ini, beberapa tugas pun akhirnya dapat terselesaikan dengan tepat waktu.

Batasi Aktivitas Yang Kurang Bermanfaat

Sulit menumbuhkan sikap disiplin di zaman yang serba teknologi ini. Terlebih lagi masyarakat telah lama dimanjakan dengan banyak hal yang melenakan dan membuat nyaman dengan kebiasaan malas gerak.

Contoh kehidupan nyata misalnya menonton televisi dalam waktu lama sembari berbaring atau bermain smartphone lupa waktu. Oleh karenanya, menumbuhkan disiplin diri harus bisa menghindari hal buruk tersebut dengan cara membatasinya.

Bersantai sejenak tidaklah salah sebab manusia butuh beristirahat, namun jangan sampai melampaui batas. Usahakan menonton televisi atau menggunakan gadget hanya untuk hal-hal penting atau mendapatkan informasi bermanfaat terkecuali memang butuh penyegar pikiran agar lebih tenang.

Agar lebih melatih kedisiplinan diri, bisa dilakukan membuat agenda sehari-hari sehingga kita akan punya jadwal pasti kapan waktunya mengerjakan tugas, menonton tv, bermain gadget, dan lain-lain.

Meminta Bantuan Orang di Sekitar

Untuk menumbuhkan rasa disiplin dalam diri, adakalanya perlu memerlukan seseorang sebagai pembimbing kita, misalnya orang tua. Kita tahu bahwa peran orang tua memang cukup besar dalam membantu kita untuk bersikap disiplin.

Sebagai pendidik anak sedari kecil, orang tua akan selalu mengingatkan untuk bangun tepat waktu, menjaga kebersihan, pulang sekolah tepat waktu, dan belajar dengan tekun. Namun, tidak ada salahnya meminta bantuan teman atau kerabat yang bisa dipercayai.

Bantuan dari teman misalnya di sekolah atau di lingkungan kerja, kita dapat memintanya untuk membantu kita membuat daftar tugas yang harus dituntaskan terlebih dahulu. Atau bisa juga teman dijadikan sebagai sarana untuk saling mengingkatkan agar saling memotivasi dan berkompetisi dalam menggapai prestasi. Ini akan bermanfaat pada kesuksesan yang dapat kita raih baik di sekolah ataupun lingkungan kerja.

Akhir Kata

Kedisiplinan merupakan salah satu hal wajib diterapkan sehari-hari guna menggapai impian dengan efektif dalam kehidupan di dunia. Maka dari itu, kita harus senantiasa disiplin dalam mengembangkan diri di segala aspek. Jangan sampai tertinggal dan kalah dari orang lain.

1 comment for "Lawan Malas, Ini 4 Cara Ampuh Menumbuhkan Sikap Disiplin Mulai Dari Diri Sendiri"