Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Digital Amnesia, Makna dan Efek Buruk bagi Daya Ingat

Makna Digital Amnesia dan Efek Buruk Daya Ingat

Pernahkah kamu kesulitan dalam mengingat sesuatu seperti materi pelajaran atau nama para tokoh sejarah di dunia? Tentu sangat sulit ketika mengingatnya, bukan? Akan tetapi, seiring berjalannya waktu kini melalui bantuan teknologi canggih ponsel pintar, kamu dapat langsung mencari dan mencatatnya atas hal tersebut dengan mudahnya.

Hal yang pasti kamu lakukan guna mencari jawaban di atas adalah dengan membuka mesin penelusuran seperti Google. Dalam hitungan detik pun, hasil akan segera langsung muncul di depan layar layaknya sihir. Nah, kemudahan ini secara tidak sadar seseorang akan berpikir bahwa untuk apa repot-repot menghafal materi dan nama para tokoh sedangkan bantuan internet bisa melakukannya lebih cepat.

Dari sinilah awal digital amnesia muncul. Suatu kejadian yang sudah banyak dialami oleh kaum milenial saat ini. Digital amnesia membawa perubahan besar pada perilaku dan daya ingat masyarakat yang paham perkembangan teknologi. Sebelum adanya alat digital ponsel pintar, dalam mencari jawaban dari pertanyaan saja butuh membuka buku terlebih dahulu dan kemudian menghafalnya.

Nah, makna digital amnesia ini terjadi ketika masyarakat mulai terlalu menggantungkan dirinya pada teknologi canggih guna mengingat dan mencari berbagai hal apa pun. Bahkan tidak sedikit orang mencari sesuatu yang sepele hanya karena mereka gabut atau sedang tidak ada hal harus dikerjakan.

Karena mereka merasa berpikir bahwa semua informasi telah tersimpan pada perangkat digital, ia pun tidak perlu lagi bersusah payah mengingatnya. Apabila suatu hal tersebut sewaktu-waktu diperlukan, mereka tinggal mengambil lalu membuka ponsel pintarnya untuk melihat kembali informasi tersebut.

Digital Amnesia Meleburkan Daya Ingat Manusia

Menurut riset yang telah diteliti oleh Harvard dan University of Columbia mengatakan bahwa kemudahan dalam mengakses informasi dari internet sudah mengubah kemampuan berpikir serta cara mengingat remaja milenial di Amerika Serikat.

Baca juga: 5 Manfaat Teknologi dalam Berbagai Bidang. Apa Saja?

Selain digital amnesia, ada lagi fenomena sama persis penyebabnya dari teknologi digital, yakni orang-orang biasa menyebutnya Google Effect.

Sebagai contohnya, kamu mungkin lupa akan nama judul video menarik telah ditonton beberapa waktu lalu. Ketika hendak bercerita dengan teman, kamu tidak bisa mengingatnya meskipun hafal jalan cerita videonya. Namun, kamu tetap ingat dari mana video tersebut diunggah.

Pada akhirnya, efek buruk digital amnesia membuat kita bergantung pada Internet sebagai alat bantuan pencari informasi dan solusi dari sebuah masalah ataupun pertanyaan. Otak kita akan malas menyimpan serta berusaha mengingat kembali apa yang diketahui sebelumnya.

Oleh sebab itulah mengapa digital amnesia menyebabkan segala informasi telah diterima dapat mudah terlupakan. Karenanya jika kita sudah lupa, tetap masih dengan mudah mencarinya di internet ataupun memo dalam ponsel pintar.

Apabila sampai saat ini kita masih mengingat materi yang telah disampaikan oleh guru beberapa tahun silam, itu artinya hal penting tersebut tidak ingin mudah dilupakan. Sedangkan saat ini mungkin kita tidak ingat materi apa yang sudah diajarkan olehnya sebulan lalu.

Kesimpulan

Kemudahan teknologi canggih membuat daya ingat semakin kurang terlatih mengelola informasi untuk terus disimpan dalam memori. Meskipun kini jawaban dapat dengan mudah dicari, namun tetap menjadi hal penting untuk selalu diingat agar merangsang proses pembentukan puluhan hingga ribuan jaringan sel saraf baru dalam otak.

Apabila semakin jarang daya ingat diasah, fungsi otak untuk melancarkan memori jangka panjang pun akan menurun. Sebab memori jangka panjang sendiri sangat penting bagi perkembangan diri yang semakin tumbuh.

3 comments for "Digital Amnesia, Makna dan Efek Buruk bagi Daya Ingat"

  1. Wah, spertinya saya mengidap ini, apa sudah di teliti secara ilmiah yah..

    Good content

    ReplyDelete
  2. Kemajuan tekhnologi membuat orang malas berfikir. Meskipun saya memang menyukai dunia tekhnologi

    ReplyDelete