Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Literasi Media Digital untuk Memerangi Informasi Hoaks

Literasi Media Digital untuk Memerangi Hoaks

Beredar banyak sekali informasi hoaks yang sampai saat ini masih belum mereda karena minimnya kesadaran dan kurangnya penelitian seseorang sebelum dibagikan ke masyarakat umum. Hal ini tidak jarang terjadi pada media sosial besar seperti WhatsApp. Oleh karenanya, diperlukan berbagai cara untuk memerangi hoaks di dunia digital, salah satunya dengan menerapkan literasi media digital.

Literasi media digital merupakan suatu metode mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan isi dari media digital yang telah diterima. Dalam hal ini metode literasi media digital adalah suatu aktivitas di mana perlu mengedukasikan kepada masyarakat sehingga mereka tahu informasi yang telah diterimanya benar atau palsu.

Namun, perlu diketahui bahwa literasi media digital tidak hanya sekadar untuk membedakan mana informasi kredibel atau bukan. Lebih dari itu, metode ini akan memberi perhatian pada kemampuan berpikir kritis dalam membaca pesan ataupun berita di media sosial.

Seberapa Pentingnya Literasi Media Digital untuk Memerangi Hoaks?

Literasi media digital tentu berperan sangat penting guna memerangi informasi palsu atau hoaks yang semakin menjadi-jadi di jagat maya ini. Sebagai contoh, dalam membaca media informasi dari situs, pesan serta unggahan oleh seseorang kita tidak bisa menelan mentah begitu saja.

Literasi media membantu upaya pembacaan atas sebuah informasi menjadi lebih dalam dan kritis sebelum kita menelannya hingga dibagikan ke publik. Dengan penerapan metode ini kita tidak akan mudah menerima informasi hanya dari sebuah judulnya saja, tetapi dapat menganalisis terlebih dahulu isi dan tujuan berita tersebut dibuat.

Sebuah berita yang telah diunggah era sekarang tidak boleh diterima begitu saja meskipun dari media besar sekalipun. Ini dikarenakan berita dalam dunia digital bisa saja digerakkan untuk kepentingan lain selain menginformasikan hal penting. Kita tidak disarankan agar lebih percaya sebab informasi tersebut dibuat oleh tangan yang tak terlihat, kecuali disertai data dan fakta.

Bagaimana Cara Memerangi Hoaks dengan Literasi Media Digital?

Memerangi informasi hoaks dapat dilakukan dimulai dari kesadaran diri masing-masing dengan cara menerapkan metode literasi media digital. Berikut cara bijak menggunakan media digital guna memerangi hoaks.

Baca Tuntas Sebelum Menyebarluaskan

Poin yang sangat penting dilakukan guna meminimalisir adanya hoaks yakni dengan membaca sampai tuntas dan pahami sebelum membagikannya ke publik. Ini juga bisa membantu agar tidak mudah terprovokasi oleh berita yang sifatnya sangat menimbulkan kontroversial.

Kita tahu bahwa membaca judul saja belum cukup untuk menelan informasi. Maka dari itu, alangkah baiknya membaca serta menganalisis berita dari judul sampai isinya sebab saat ini banyak sekali informasi tidak sesuai dengan judulnya.

Membaca Informasi dari Sumber yang Jelas

Terkait dengan membaca berita hingga tuntas, melihat dari mana sumber atau referensi informasi tersebut dipublikasikan juga perlu untuk memerangi hoaks. Sebelum informasi yang telah dibaca akan disebarluaskan, ketahui terlebih dahulu sumbernya apakah kredibel atau tidak. Dengan ini, kamu juga berperan membantu masyarakat publik di dunia maya supaya terhindar dari berita hoaks.

Memberi Tahu Orang yang Menyebarluaskan Berita Hoaks

Langkah yang cukup efektif untuk memerangi informasi hoaks ialah dengan memberitahukan seseorang yang terlanjur membagikan hal tersebut dan meminta segera menghapusnya.

Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas grup anti-hoax yang sudah banyak terdapat di media sosial seperti Facebook maupun WhatsApp. Di dalam grup tersebut, kamu dapat menanyakan informasi yang mungkin belum bisa dipercaya apakah benar atau hoaks.

Apabila menemukan seseorang yang telah menyebarkan berita palsu, segera memintanya untuk dihapus dan yakinkan mereka agar tidak mudah percaya akan informasi yang beredar banyak di Internet.

Akhir Kata

Demikian artikel singkat mengenai pentingnya literasi media digital untuk memerangi informasi hoaks di dunia maya yang semakin merebak hingga saat ini.

Literasi media digital berperan penting karena saat ini masih banyak pengguna internet yang belum mendapatkan edukasi terkait dengan penyaringan informasi guna meminimalisir adanya hoaks.

Dengan adanya kemampuan literasi media digital diharapkan mampu mengubah pola pikir masyarakat dalam berinternet agar tidak salah menyebarluaskan informasi dan berita.

1 comment for "Pentingnya Literasi Media Digital untuk Memerangi Informasi Hoaks"

  1. Sangat bermanfaat apa lagi semarang banyaknya media hoak

    ReplyDelete