Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Begini 2 Cara terbaru Cepat Memindahkan Kontak ke HP Baru

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

Saat ini hampir seluruh penduduk di Indonesia telah memegang sebuah gadget. Ini dikarenakan HP mempunyai beberapa manfaat dan keunggulan. Salah satu contohnya ialah dengan bantuan HP, mereka bisa dengan mudah menghubungi siapa saja tanpa perlu repot dan menunggu waktu lama.

Selain itu, di era sekarang jarak bukan lagi penghalang untuk bertemu keluarga. Seberapa pun jauhnya jarak dari orang yang ingin dihubungi, tetap mampu berinteraksi secara lancar meski melalui daring saja.

Inilah sebabnya masyarakat Indonesia diakui sebagai seseorang yang sulit terlepas dari genggaman HP karena telah memberikan banyak manfaat. Jadi, tidak heran jika HP menjadi salah satu barang terpenting untuk kehidupan sehari-hari mereka.

Tersedia banyak sekali tingkatan HP, termasuk juga seri low-end yang umumnya diminati oleh masyarakat ingin memiliki smartphone hanya untuk penggunaan standar saja.

Disamping itu, tidak sedikit pula orang yang selalu mengikuti perkembangan teknologi dan ingin mengganti HP lamanya menjadi yang paling baru. Nah, disaat itulah kemudahan dalam memindahkan data dari gadget lama sangat diperlukan, terutama kontak nomor telepon seseorang.

Cara Memindahkan Kontak ke HP Baru

Kita tahu bahwa daftar nomor telepon pada HP menjadi hal yang sangat penting sebab dapat memudahkan kita dalam menghubungi seseorang. Apabila kontak tersebut hilang atau terhapus, maka akan sulit memulai komunikasi dengan teman maupun keluarga.

Terlebih lagi jika Anda memiliki aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Telegram, tentu penting sekali menyimpan kontak dan mencadangkannya guna berjaga-jaga apabila hilang, terhapus, maupun ganti HP baru.

Berikut akan diulas lebih lanjut tentang bagaimana cara cepat memindahkan kontak ke HP baru.

#1 Buka Aplikasi Kontak di HP Anda

Langkah pertama yaitu memindahkan kontak ke HP baru adalah dengan membuka aplikasi kontak bawaan HP Android terlebih dahulu. Kemudian, temukan dan bukalah menu pengaturan/kelola kontak.

#2 Cari dan Tap Pilihan Impor/Ekspor Kontak

Setelah membuka menunya lalu, selanjutnya carilah dan klik impor/ekspor kontak. Lalu, pilihlah bagian ekspor kontak sebagai file vCard (vcf) seperti gambar di bawah ini.

#3 Pilih Tempat Penyimpanan File Kontak

Setelah diklik maka akan muncul opsi tempat penyimpanan. Sangat disarankan memilih ke Penyimpanan Eksternal atau Kartu SD agar lebih mudah memindahkan kontak ke HP baru.

Klik bagian ekspor dan tunggu hingga proses mencadangkan kontak selesai dengan sempurna.

File kontak sudah berhasil dieskpor. Langkah ketiga adalah pindahkan Kartu SD yang telah diisi file tersebut atau Anda juga bisa dengan mengirimkannya melalui aplikasi pihak ketiga seperti WhatsApp dan Email yang ada di HP baru.

Namun, bagi Anda yang sudah mengekspor ke penyimpanan eksternal, ikuti langkah di bawah ini.

#4 Buka Manajer File HP Baru

Sesudah membuka HP yang ingin diimpor kontak dari HP lama, cari dan bukalah aplikasi berkas seperti contoh berikut.

Kemudian, masuklah ke penyimpanan eksternal dan temukan file Kontak.vcf yang telah disimpan sebelumnya.

Klik dan tunggu proses pengimporan kontak dari HP lama ke HP baru sampai selesai. Ini biasanya tidak memerlukan waktu lama.

Kontak telah berhasil diimpor. Sekarang, Anda tidak perlu repot lagi untuk memasukkan daftar nomor telepon secara manual.

Bagi sebagian orang mungkin berpikir bahwa daftar kontak nomor telepon seseorang bukanlah hal penting. 

Namun, bagi seorang yang mempunyai bisnis ataupun komunitas tertentu daftar kontak sangat bermanfaat karena dapat mudah menghubungi seseorang dengan cepat. 

Oleh karena itu, cara cepat memindahkan/mencadangkan kontak sangat diperlukan untuk berjaga-jaga ataupun ketika hendak membeli HP baru.

Cara Alternatif Memindahkan Kontak

Apabila cara di atas tidak terlalu mudah, berikut trik alternatif memindahkan kontak ke HP baru hanya dalam beberapa menit. Sebelum melakukan cara ini sangat disarankan hanya menggunakan satu alamat email yang sama, baik di HP lama maupun HP baru.

#1 Masuk Kontak dan Cari Sinkronisasi

Hal pertama harus dilakukan ialah membuka kontak pada android, temukan menu dan pilih sinkronkan kontak.

#2 Klik kemudian Pilih Akun Sinkronisasi

Klik menu sinkronkan kontak hingga muncul banyak pilihan akun di perangkat Anda. Selanjutnya, centang akun Google yang telah tertera alamat email Anda di HP lama tersebut.

Klik bagian sinkronkan dan kembali ke beranda aplikasi kontak untuk melihat apakah semua daftar nomor telepon sudah disinkron dengan lancar.

#3 Buka Perangkat Baru, Aktifkan Sinkronisasi

Aktifkan sinkronisasi seperti pada HP lama agar proses memindahkan kontak darinya berjalan semestinya.

Namun, jika hal ini tidak ada perubahan sama sekali, Anda harus mengimpor manual. Caranya mudah, bukalah menu kelola kontak, pilih opsi impor kontak dari akun Google dan tunggu sampai proses memindahkan kontak selesai.

Akhir Kata

Demikianlah artikel singkat mengenai bagaimana cara cepat memindahkan kontak ke HP baru. Dengan mengikuti beberapa cara di atas, Anda tidak perlu khawatir akan kerepotan dalam memindahkan kontak.

2 comments for "Begini 2 Cara terbaru Cepat Memindahkan Kontak ke HP Baru"

  1. artikel sangat bermanfaat, apalagi untuk yang gaptech seperti saya ini. Sebab jarang cari yang beginian, ganti hp = nomor baru semua :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap:v

      Terima kasih sudah berkunjung^^

      Delete