Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bermain Ponsel Saat Hujan: Apakah Berbahaya? Cek Fakta Berikut!

Apakah Berbahaya Bermain Ponsel Saat Hujan?

Hujan deras disertai petir adalah suatu peristiwa yang sudah tidak aneh lagi bagi manusia. Namun, petir atau kilat yang menyeramkan justru membuat seseorang ketakutan terlebih lagi mereka sedang berada dalam perjalanan.

Nah, sering kali kita mendengar bahwa bermain ponsel dikala hujan petir sangat berbahaya karena bisa berakibat tersambar petir hingga luka bahkan tewas. Lantas benarkah demikian?

Apakah Berbahaya Bermain Ponsel Saat Hujan?

Menurut sebuah riset, petir tidak akan menyambar seseorang yang tengah bermain ponsel kecuali mereka berada pada tempat dan kondisi yang salah.

Oleh karena itu, apabila terdengar gemuruh petir yang keras, segeralah masuk ke tempat yang aman seperti rumah, gedung, dan kendaraan tertutup. Selain itu, jauhi juga benda-benda yang memiliki kandungan logam karena dapat berfungsi sebagai konduktor listrik.

Nah, dari situ kita tahu bahwa bermain hp saat hujan tidaklah berbahaya. Tetapi mengapa banyak beredar berita seseorang tersambar petir karena bermain ponsel?

Penyebab Seseorang Tersambar Petir Saat Bermain HP

Meskipun terbilang aman bermain ponsel saat hujan disertai petir, tidak menutup kemungkinan bahaya bermain ponsel apabila sambil melakukan pengisian baterai.

Hal ini dikarenakan perangkat elektronik termasuk handphone jika disambung ke colokan dapat beresiko tinggi saat petir menyambar.

Selain itu, para ahli menyatakan bahwa telepon rumah lebih berbahaya digunakan saat hujan sebab kabelnya bisa menjadi penghantar listrik.

Kesimpulannya adalah bermain ponsel saat hujan tidak akan berbahaya selagi tidak berada dalam ketinggian, tempat terbuka, dan keadaan ponsel tersambung dengan colokan listrik.

1 comment for "Bermain Ponsel Saat Hujan: Apakah Berbahaya? Cek Fakta Berikut!"

  1. wah musti hati2 nih, ternyata hal yg kelihatannya sepele bisa membahayakan juga, trims sharingnya sob (:

    ReplyDelete